Sejarah Peranan Warga Tionghoa Dalam Dunia Sepakbola Di Indonesia Bab 1

Ketika sepakbola bisa menjadi alat untuk menumbuhkan Nasionalisme, banyak warga Tionghoa yang memiliki peranan penting dalam perjalanan sejarah sepakbola Indonesia. Namun mengapa warga Tionghoa sendiri kini mulai terpinggirkan dari dunia sepakbola Indonesia?



Memang sudah bukan rahasia lagi bahwasannya sepakbola tidak hanya sekedar menendang bola atau merebut trofi semata. Akan tetapi lebih jauh dari itu sepakbola adalah sebuah alat untuk bisa mengekspresikan sebuah identitas sebuah etnis atau bangsa yang kerap kali berhubungan dengan politik.

Kehadiran dari pemain-pemain warga etnis Tionghoa dalam sejarah dunia persepakbolaan Indonesia sendiri sudah ada sejak abad ke 20, sebab hal itu adalah sebuah bukti yang tidak bisa dibantahkan.

" Peranan orang-orang Tionghoa dalam sejarah sepakbola d Indonesia sendiri sangatlah panjang" ungkap Bayu Aji, penuls buku Tionghoa Surabaya dalam sepakbola (2010), kepada BBC Indonesia.

Dibekali dengan modal ekonomi dan pendidikan, banyak pemain etnis Tionghoa menggunakan sepakbola sebaga alat untuk mereka menunjukan bahwa para pemain Tionghoa tidak kalah superior dengan orang-orang Belanda.

Kesadaran itu sendiri mulai ditindak lanjuti dengan cara membentuk organisasi atau perkumpulan olahraga, salah satunya yaitu sepakbola.


" Bahkan kaum etns Tionghoa sendiri pada saat itu memiliki sebuah pemikiran olahraga sendiri, sebab mereka juga menyadari bahwa olahraga dapat membentuk kesadaran" ungkap Bayu.

Di Surabaya sendir pada tahun 1915, sudah berdiri sebuah klub sepakbola yang dimana klub tersebut didirikan oleh warga etnis Tionghoa, dan mulai pada saat itu daerah seperti Jakarta, Semarang juga mulai mendirikan perkumpulan yang sama.

Semenjak pada saat itulah, klub sepakbola Tonghoa mampu menguasai dunia sepakbola Hindia Belanda, termasuk salah satunya yaitu mengungguli tim sepakbola yang telah dirikan oleh Belanda dan Pribumi.


Menurut Bayu, Puncak kehadiran bebarapa pemain Tionghoa sendiri dalam tim Hindia Belanda yang pada saat itu sedang bertanding di Piala Dunia 1938 di Prancis. Dimana nama-nama warga Tionghoa yang berhasil bertanding di Piala Dunia 1938 di Prancs antar lain Bing"Mo Heng, Tan Hong Dijen, Tan See Handi dalam tim tersebut" seperti yang katakan oleh Bayu Aji.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cuplikan Hasil Pertandingan Liga Champions 2018-2019 Real Madrid vs Ajax