Sejarah Sepakbola Indonesia Yang Mungkin Belum Diketahui



Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui akan sejarah dari sepakbola Indonesia yang pada dulunya sudah pernah mengukir sebuah sejara dalam dunia sepakbola, kita yang sudah tinggal begitu lama di Indonesia mungkin belum pernah mendengar akan sejarah tersebut.

Pada tahun 1938 Indonesia sendiri pernah mencatatkan sebuah sejarah didunia sepakbola, sebab pada tahun 1938 Indonesia berhasil masuk pada kompetisi Piala Dunia ditahun tersebut, dan yang patut dibanggakan lagi ialah Negara Asia pertama yang berhasil berpartisipasi pada Piala Dunia bukanlah Negara seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, ataupun negara-negara besar lain di Asia, tetapi Indonesia lah negara pertama yang berhasil masuk ke kompetisi terbesar didunia tersebut, yang dimana pada saat itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

Walapun pada kompetisi tersebut Indonesia sendiri harus mengahiri perjalanannya tersebut dibabak pertama, akan tetapi atas raihan pencapaian tersebut itu sebenarnya sudah patut untuk kita apresiasikan dan untuk dijadikan motivasi semangat untuk bisa kembali tampilan pada gelaran Piala Dunia untuk tahun-tahun mendatang.


Pada gelaran Piala Dunia tersebut Indonesia sendiri berhasil membuat sebuah kejutan dimana pada saat itu Indonesia yang masih menggunakan nama Hindia Belanda berhasil membuat Uni Soviet ( atau saat ini bernama Russia) yang merupakan salah satu raksasa sepakbola waktu itu harus bermain imbang dengan Indonesia dengan skor 0-0 yang dimana pertandingan itu dimainkan di Moskow.

Pada waktu itu Hindia Belanda (saat ini bernama Indonesia) masih dibela oleh pemain-pemain seperti Sutan Anwar, Tan Dijien, Frans Meeng, Jack Sanniels, A Nawir, Henks Sommers, Tan Mo Heng, Tjaak Pattiwael, Frans Hu Kom, Hans Taihuttu, dan Suvarte Soedermadji.

Namun sangat disayangkan sekali pada debut pertandingan pertama Indonesia harus menerima hasil yang cukup mengecewakan, dimana Indonesia takluk dengan skor yang cukup telak dari Hungari dengan skor 6-0.

Berdasarkan fakta-fakta datas setidaknya kita harus berbangga bahwasannya Indonesia adalah negara pertama diAsia yang berhasil berpartisipasi dalam gelaran Piala Dunia. Dan kita juga berharap agar kedepannya para pemain muda Indonesia kedepannya dapat mengulangi keberhasilan Indonesia pada waktu dulu, bisa berpartisipasi d Piala Dunia dan bisa membawa bendera Indonesia berkibar  pada kompetisi terbesar didunia tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cuplikan Hasil Pertandingan Liga Champions 2018-2019 Real Madrid vs Ajax